Target 5,5 Juta, Guru yang Sudah Divaksin Covid-19 Baru Capai Angka 1 Juta Orang

Kamis, 8 April 2021 20:27

PERSIAPAN PTM: Sejumlah guru SMP saat menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Sawah Pulo, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SU...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan, bahwa saat ini jumlah guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang tervaksinasi sekitar 1 juta orang. Adapun target vaksinasi GTK berjumlah 5,5 juta yang harapannya selesai pada akhir Juni mendatang.

Vaksinasi ini sudah berjalan pada 24 Februari dan pada awal April ini atau lebih dari 1 bulan, GTK tervaksinasi baru mencapai 1 juta. Apakah ada alasan mengenai hal itu?

Plt Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kartini Rustandi menuturkan, vaksinasi guru tiap harinya meningkat. Akan tetapi tidak bisa secara cepat.

“Gimana vaksinasinya, memang kalau ditanya jumlahnya, itu meningkat, tapi tidak bisa berlari (kecepatan vaksinasi,” ungkapnya dalam Bincang Sore Kemendikbud, Kamis (8/4).

Alasan hal ini tidak bisa dilaksanakan secara cepat adalah karena pvaksin Covid-19 sendiri merupakan barang langka. Oleh karena itu, pengadaan serta proses vaksinasi berjalan lambat.

“Tentu upaya sebagaimana yang kita rencanakan, kita akan mengupayakan, kita tau vaksin itu barang langka di dunia ini,” terang dia.

Kata dia, banyak negara yang bahkan saat ini belum mendapatkan vaksin. Indonesia sudah mendapatkannya, namun tentunya vaksin tersebut belum mencukupi kebutuhan vaksinasi dalam negeri.

“Beberapa negara ada yang belum bisa terima vaksin. Indonesia sudah dapat, tapi tentu jumlahnya belum sesuai harapan, karena tentu kita prioritaskan kelompok-kelompok yang memang (butuh), seperti petugas kesehatan tiap hari berhadapan dengan orang sakit. Selanjutnya petugas publik, guru termasuk,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI