Telaah dan Waspada Terorisme di Sulawesi Selatan

Kamis, 8 April 2021 10:48

Hamidin

Oleh: Hamidin(Pengamat Terorisme dan Mantan Kapolda Sulsel)

Mitigasi Teror di Sulawesi Selatan

Sangat tidak mudah mengidentifikasi kelompok jaringan terorisme dan pengikut paham radikali di daerah yang pertumbuhan ekonominya cukup baik. Di daerah yang sebaran masyarakatnya sangat heterogen dan menerima kemajemukan. Di daerah yang tingkat toleransi beragama baik – seperti di Sulawesi Selatan ini.

Tetapi kemudian timbul pertanyaan – mengapa sejak 2001 sampai sekarang masih sering terjadi serangan teror? Mulai dari tebar ancaman melalui telpon, Pelemparan molotop, Pelemparan Bom pipa rakitan, hingga yang terakhir bom bunuh diri? Mari kita telaah-beberapa catatan tentang teror di wilayah ini yang penulis simpan – yang penulis ikuti dengan cermat dinamikanya.

Bagaimana perkembangan radikalisme dan terorisme serta apa program program antisipasi pemerintah. Catatan ini – tentu tidaklah lengkap dan sempurna. Penulis juga tidak memuat semuanya dikolom ini. Ibarat air – catatan ini hanyalah setetes air di samudra luas. Dia hanya bisa digunakan sebagai tambahan dan wacana serta informasi belaka. Masih ada masalah lain yang mungkin tidak penulis ungkap.

Tapi minimal – dengan tulisan ini penulis ingin bergagi. Penulis ingin mengingatkan bahwa proses penanganan kontra radikalisasi dan deradikalisasi oleh pemerintah, serta proses radikalisasi oleh kelompok teroris sejatinya mereka berjalan faralel bersamaan. Untuk itu Pemerintah tidak boleh lengah. Pergerakan teroris itu ada dan nyata. Dia seperti Tom and Jerry. Kala pemerintah dan aparat alert dan antisipatif – mereka akan ” hybernate” . Tapi bila pemerintah lengah dan konsentrasi terbagi pada situasi sosial lain – tentu mereka akan ” firing the game”.

Komentar