Kuburan Ditenggelamkan Air Rob, Begini Cara Peziarah Kirim Doa

Jumat, 9 April 2021 17:31

ZIARAH KUBUR: Seorang berziarah dengan membaca buku Yasin di area pemakaman yang tenggelam karena air pasang di TPU Tamb...

FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Menjelang Ramadan, ziarah kubur umum dilakukan masyarakat Jawa. Tapi, bagaimana jika kuburnya sudah ditenggelamkan air pasang alias rob?

Doa pun dilakukan di pinggir pantai. Sebagaimana dilaporkan Jawa Pos Radar Semarang, itulah yang terjadi di TPU Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ditemani suara deru ombak, beberapa warga membaca tahlil. Tidak sedikit yang harus merelakan baju yang dikenakan basah terkena air laut.

”Bapak saya meninggal pada 2004. Saat itu jalannya masih bisa dilalui, bahkan sekitar makam itu banyak berdiri rumah. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi,” kata Herman, salah seorang peziarah.

Herman berencana memindahkan makam bapaknya ke tempat yang lebih tinggi. Tapi, itu harus dilakukan ketika tidak ada rob agar jenazah bisa digali dan dipindahkan.

Warga lainnya, Eko Purwanti, juga hanya bisa mendoakan di pinggir laut. Eko membacakan surah Yasin untuk mendoakan orang tuanya yang dimakamkan di TPU Tambaklorok pada 2005.

Bagikan berita ini:
9
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar