Menurut Mitos Penyebab Bangkrut, Alquran Justru Isyaratkan Menanam Anggur Bikin “Kaya”

Jumat, 9 April 2021 15:57
Belum ada gambar

Salah satu pohon anggur yang berbuah di depan rumah di Kelurahan Karuwisi, Kota Makassar.

FAJAR.CO.ID — Banyak mitos terkait tanaman yang justru bertolak belakang dari ajaran Islam. Seperti misalnya menanam pohon pepaya, tanaman kecut, dan tanaman pedas di rumah bisa sebabkan kesialan.

Terbaru, ada yang bikin heboh para pecinta tanaman anggur. Salah satu mitos Jawa menyebutkan tanaman anggur membawa energi negatif bagi orang yang menanamnya. Biasanya energi negatifnya akan menyerang usaha yang dimiliki si empunya anggur.

Terkait hal seperti di atas, sejumlah ulama menyebut, mempercayai hal-hal berbau mitos dan seolah bisa membuat seseorang jatuh miskin atau ditimpa bencana masuk kategori musyrik alias merusak akidah.

Keyakinan sial terhadap sesuatu di dalam Islam dinamakan at tatoyyur. Islam memandang at tatoyyur sebagai perbuatan syirk asgor (syirik kecil).

Syirik merupakan dosa yang paling besar, bahkan pelakunya tidak diampuni oleh Allah apabila dia mati dalam keadaan tersebut dan belum sempat bertaubat kepada Allah.

Allah berfirman, ”Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa yang lain selain syirik bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya” (QS: An-Nisa :48).

Ibnul Qayyim rahimahullah menuturkan: “Orang yang bertathayyur itu tersiksa jiwanya, sempit dadanya, tidak pernah tenang, buruk akhlaknya, dan mudah terpengaruh oleh apa yang dilihat dan didengarnya. Mereka menjadi orang yang paling penakut, paling sempit hidupnya dan paling gelisah jiwanya. Banyak memelihara dan menjaga hal-hal yang tidak memberi manfaat dan mudharat kepadanya, tidak sedikit dari mereka yang kehilangan peluang dan kesempatan (untuk berbuat kebajikan).” (Miftaah Daaris Sa’aadah (III/273) ta’liq dan takhrij Syaikh ‘Ali Hasan al-Halabi.

Bagikan berita ini:
3
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar