Ujian Kekuatan Uang dan Local Pride di Babak 8 Besar Piala Menpora 2021

Jumat, 9 April 2021 15:09

Piala Menpora 2021 (Foto: Liga Indonesia Baru)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Piala Menpora 2021 memasuki babak delapan besar hari ini. Delapan tim yang berhasil melewati persaingan sengit fase grup yakni PSIS, Barito Putera, Persija, PSM, PSS, Persebaya, Persib, serta Bali United.

Melihat komposisi skuat ke delapan klub, babak perempat final turnamen berhadiah Rp4,65 miliar ini akan menjadi ujian kekuatan uang dan semangat local pride (kebanggaan lokal). Persija, PSS, Persib, dan Bali United termasuk dalam kelompok klub yang mengandalkan kekuatan finansial. Sementara PSIS, PSM, Persebaya, dan Barito berjuang menuju takhta juara dengan pemain lokal, termasuk beberapa di antaranya yang masih berusia belia.

Persija yang menjadi juara Grup A diperkuat bintang-bintang berpengalaman. Mulai dari kiper timnas, Andritany Ardhiyasa, Tony Sucipto, Sandi Sute, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Osvaldo Haay, Rezaldi Hehanusa, hingga Maman Abdurrahman. Macan Kemayoran juga memiliki pemain naturalisasi yang kini merupakan salah satu gelandang terbaik, Marc Klok.

Barisan pemain asing mereka juga sangat menakutkan. Duo bek Persija; Yann Motta dan Marco Motta tak hanya piawai membendung serangan, namun bisa menjadi pemecah kebuntuan dalam situasi bola mati karena memiliki keunggulan postur. Dan tentu saja Marko Simic, bomber haus gol yang sangat mematikan di kotak penalti.

Meski di babak delapan besar ini mereka harus kehilangan bek naturalisasi andalannya, Otavio Dutra yang harus menjalani sanksi kartu, kekuatan Macan Kemayoran sama sekali tidak akan tergerus. Apalagi, untuk laga kontra Barito, Pelatih Persija, Sudirman kabarnya siap memainkan pemain asing lainnya, Rohit Chand yang sudah menyelesaikan masa karantinanya setelah tiba dari Nepal.

Komentar