Pemkab Maros Daftarkan 4.415 Non-ASN Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Sabtu, 10 April 2021 20:19

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAROS — Sebanyak 4.415 Non Aparatut Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Maros menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganam MoU antara Pemerintah Kabupaten Maros dengan BPJS Ketenagakerjaan, Jumat, 9 April.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) BPJS Ketenagakerjaan, Aminah Arsyad mengatakan ini merupakan kali pertama Pemerintah Kabupaten Maros bersama BPJS Ketenagakerjaan melakukan MoU program kepesertaan BPJSKetenagakerjaan bagi Pegawai Non ASN di Kabupaten Maros.

Di menjelaskan bahwa ada sekitar 4.415 Non ASN yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan MoU antara Bupati Maros dengan kami pihak BPJS Ketenagakerjaan terkait perlindungan kerja untuk pegawai non ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Maros,” katanya

Dia mengatakan Pemkab Maros sebagai pemberi kerja memiliki tugas untuk memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di lingkup Pemda Maros.

“Kalau ASN kan ada Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), nah kalau non ASN itu perlindungan kerjanya menggunakan BPJS Ketenagkerjaan,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, dengan adanya MoU ini sekitar 4.415 Non ASN sudah terlindungi melalui program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi per April, sebanyak 4.415 pegawai Non ASN sudah terlindungi untuk dua program. Yakni program kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” sebutnya.

Sistemnya kata dia, untuk jaminan kecelakaan dan jaminan kematian 100 persen ditanggung oleh pemberi kerja dalam hal ini Pemda Maros, tanpa ada pemotongan gaji Non ASN.

Komentar