Tindaklanjuti Instruksi Jokowi, Plt Gubernur Siap Hijaukan Bandara Buntu Kunik Toraja

Sabtu, 10 April 2021 15:15

FAJAR.CO.ID, TORAJA – Sebanyak 3.300 bibit pohon dengan 15 jenis pohon siap menghijaukan di sepanjang jalan menuju Bandara Buntu Kunik Toraja.

Penanaman pohon ini dirangkaikan pada Peringatan Hari Hutan Internasional ini dimulai oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dengan menanam secara simbolis pohon jenis mahoni, Sabtu (10/4/2021).

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa penanaman pohon ini dilakukan atas instruksi Presiden RI, Joko Widodo pada saat peresmian Bandar Udara (Bandara) Buntu Kunik Toraja, di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, 18 Maret 2021 lalu.

“Atas arahan dan instruksi bapak Presiden, untuk menghijaukan bandara ini. Dulu di Indonesia ada dua tempat menjadi primadona, Bali dan Toraja. Kita ingin mengembalikan kejayaan pariwisata Toraja sama seperti Bali,” ungkapnya.

Terlebih lagi, kata Andi Sudirman, Pemerintah Pusat telah menggelontorkan senilai Rp 800 Miliar untuk penyelesaian bandara ini.

Menurutnya, Toraja ini merupakan perpaduan wisata alam dan pariwisata. Olehnya itu, pembangunan pariwisata perlu memperhatikan kearifan lokal, budaya dan panorama alam.

Saat ini, Bandara Buntu Kunik memiliki landasan pacu sepanjang 2.000 x 30 meter. Namun, saat ini yang efektif digunakan adalah sepanjang 1.700 meter. Dirinya berharap landasan pacu bisa lebih diperpanjang.

“Jika diperpanjang pesawat yang besar bisa landas, maka nantinya kita bisa minta ada akses direct flight tanpa harus transit di Makassar lagi. Misalnya dari Jakarta atau daerah lainnya bisa langsung ke Toraja,” ungkapnya

Komentar