Tinjau Bandara Kulonprogo, DPR: Cocok Jadi Percontohan Nasional

Sabtu, 10 April 2021 17:27

FAJAR.CO.ID, JOGJAKARTA – Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Bandara Internasional Kulonprogo Jogjakarta, Sabtu (10/4/2021). Sejumlah anggota DPR memuji fasilitas dan juga pelayanan di bandara baru tersebut.

Anggota Komisi V dari Fraksi Partai Golkar Muhammad Fauzi mengatakan, bandara Kulonprogo cocok jadi percontohan bagi bandara lain di Indonesia. Sebab, bandara tersebut telah menyiapkan mitigasi bencana yang lengkap.

“Misalnya ada kawasan sabuk hijau atau green belt untuk mitigasi tsunami. Selain itu bangunan bandara dirancang untuk menahan gempa dengan kekuatan 8,8 magnitudo. Dan ini pertama di Indonesia,” kata Fauzi.

Untuk antisipasi erupsi gunung merapi, lanjut Fauzi, desain rangka atap bandara juga telah disiapkan untuk menahan abu vulkanik setebal 5 cm jika ada letusan gunung merapi di dekat bandara.

Anggota DPR dari dapil Sulsel III ini melanjutkan, Indonesia sebagai negara yang langganan bencana perlu menyiapkan fasilitas publik yang telah memikirkan berbagai aspek. Sehingga, ia berharap, renovasi atau bangunan baru bandara ke depan bisa mengikuti Kulonprogo.

Selain fasilitas mitigasi bencana, Kulonprogo dinilai juga mengedepankan desain yang penuh simbol kearifian lokal. Kulonprogo juga ramah terhadap UMKM karena fasilitas bagi pelaku usaha kecil disiapkan.

“Jadi disiapkan tempat khusus bagi UMKM. Tentu ini bisa membantu perekonomian dan juga menghidupkan usaha kecil di daerah tersebut,” tambah suami Bupati Luwu Utura Indah Putri Indriani ini.

Bagikan berita ini:
9
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar