Akibat Gempa Jatim, Sudah 8 Orang Meninggal Dunia

Minggu, 11 April 2021 13:20

Kerusakan akibat gempa Malang. (Dok Twitter @Dinadinok15)

FAJAR.CO.ID — Gempa bumi magnitudo 6,1 yang mengguncang selatan Malang pada Sabtu (10/4/2021) kemarin mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, 8 orang meninggal dunia akibat bencana alam tersebut.

“Berdasarkan data yang diterima Pusdalops BNPB pada Sabtu (10/4) pukul 21.00 WIB, ada sebanyak 8 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, dan 22 orang luka ringan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Minggu (11/4).

Raditya mengungkapkan, gempa bumi itu juga mengakibatkan kerusakan bangunan mulai dari kategori rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat. BNPB menerima laporan dari 16 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, terkait dampak kerusakan dari gempa bumi Selatan Jawa magnitudo 6,1.

Berdasarkan data yang diterima dari BPBD Kabupaten Malang, sedikitnya ada 136 unit rumah mengalami rusak ringan, 24 unit rumah rusak sedang dan 13 rusak berat. Selain itu, ada 14 tempat ibadah rusak, 9 sarana pendidikan rusak, 2 sarana perkantoran rusak, 1 balai desa rusak, 3 fasilitas kesehatan rusak.

Kemudian BPBD Kabupaten Lumajang melaporkan adanya 1 kerusakan sarana pendidikan, 1 fasilitas kesehatan rusak dan beberapa unit rumah di 12 desa yang masuk dalam 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Lumajang mengalami kerusakan.

Komentar