Kunjungi Gempa Malang, Muhadjir Effendy: Sekarang yang Penting Menyelamatkan Para Korban

Minggu, 11 April 2021 23:00

Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Jawa Timur. Foto Humas Kemenko PMK

FAJAR.CO.ID, MALANG – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi lokasi terdampak bencana gempa bumi di Jawa Timur.

Beberapa tempat yang dikunjunginya yaitu Desa Taman Asri dan Desa Wirotaman, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dua desa tersebut termasuk dua lokasi yang terkena dampak gempa cukup parah di Kabupaten Malang karena merupakan lempengan irisan gempa.

Menko Muhadjir menyebut terdapat 40 rumah warga yang mengalami rusak ringgan hingga berat di wilayah Kabupaten Malang.

Dia menerangkan bencana gempa bumi di Jawa Timur saat ini masih dalam tahap tanggap bencana.

Oleh karena itu, kata Menko Muhadjir, korban terdampak bencana gempa bumi harus mendapat prioritas dalam penanganannya.

“Sekarang ini yang penting menyelamatkan para korban, dan menjamin mereka hidupnya standar minimumnya terpenuhi. Setelah itu baru berpikir infrastrukturnya,” tuturnya di sela kunjungannya di Kabupaten Malang, Minggu (11/4).

Muhadjir yang didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Sosial juga mengupayakan penyediaan tempat penampungan sementara untuk warga dengan kondisi rumah yang terkena dampak cukup parah dan tidak layak.

Lokasi yang dipilih untuk pengungsian warga yang terdampak gempa di wilayah Kecamatan Ampel Gading adalah di Lapangan Desa Taman Asri.

“Nanti akan dilengkapi tenda besar untuk tempat tidur dan dapur umum. Kebetulan di situ dekat dengan balai desa sekolahan jadi diharapkan kebutuhan sehari-hari terutama air bisa tercukupi,” tuturnya.

Komentar