Alumni Prakerja Bisa Akses KUR Super Mikro, Begini Caranya!

  • Bagikan
Ilustrasi prakerja

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah resmi memberikan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) kepada wirausaha alumni program Kartu Prakerja. Dapat mengakses fasilitas KUR terutama untuk KUR Super Mikro (SuMi) di bawah Rp10 juta.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menyampaikan program kartu Prakerja merupakan salah satu stimulus pemerintah untuk masyarakat yang terdampak wabah virus corona atau COVID-19.

Irwan menjelaskan pendaftaran kartu Prakerja dilakukan secara mandiri oleh peserta, sementara Disnaker melakukan pendampingan jika ada keluhan.

Terkait fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) kepada wirausaha alumni program Kartu Prakerja terutama untuk KUR Super Mikro (SuMi) di bawah Rp10 juta, Irwan menegaskan merupakan bentuk tindak lanjut dari program Kartu Prakerja agar para alumni bisa memulai membuka usaha atau menambah modal usaha.

"Pemerintah tentu mendorong agar alumni pra kerja bisa melangkah ke tahap selanjutnya misalnya membuka usaha sendiri. Bisa juga menjadi modal usaha bagi mereka jika baru mau membuka usaha," bebernya, Senin (12/4/2021).

Hanya saja Irwan menegaskan bahwa peserta Prakerja tercatat langsung di pusat, sementara dari pemerintah tingkat daerah sebatas mendampingi.

"Kami di daerah mendampingi dan mengawal misalnya jika ada kendala yang dialami dan sejauh ini kita lihat program kartu pra kerja berjalan cukup bagus," jelasnya.

Salah satu alumni program kartu Prakerja, Ilham Sarlito
mengaku baru mendengar ada informasi bahwa alumni pra kerja bisa mengakses KUR Super Mikro.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan