Jasa Marga Gandeng Lembaga Internasional, ITB, dan UI Lakukan Road Asesment Jalan

  • Bagikan
Arus lalu lintas di Jalan Tol Reformasi, AP Pettarani dan Urip Sumoharjo, Makassar, Minggu (26/8/2018). FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Jasa Marga Tbk bekerja sama dengan International Road Assesment Programme (iRap), serta Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam melakukan road assement atas jalan tol yang dikelolanya

Road assesment melingkupi penilaian terhadap kondisi jalan serta sarana perlengkapan jalan di sepanjang jalan tol, yang salah satu tujuannya adalah untuk menekan angka kematian dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas di jalan. Hasil dari road assessment menyimpulkan bahwa Jalan Tol Jagorawi dan Cipularang mencapai rating bintang 3.

“Penilaian dari road assessment menunjukkan Jasa Marga siap untuk mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Jasa Marga juga mendukung penuh program Zero ODOL (Over Dimension Over Load) dengan mengembangkan sensor Weigh In Motion di sejumlah jembatan tol,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangannya, Senin (12/4).

Upaya PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini mendapat apresiasi dari Kementerian Perhubungan berupa penghargaan dan sertifikat yang diserahkan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan pelaksaan Rakernis bertujuan agar pemerintah pusat dan daerah serta seluruh stakeholder untuk bahu-membahu dalam meningkatkan kinerja perhubungan darat.

Melalui rakernis, lanjut Budi Karya, diharapkan akan terbangun sinergitas yang lebih erat dan harmonis sehingga mempermudah kordinasi lintas kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan BUMN dalam mengelola transportasi.

  • Bagikan