Lepas Ekspor Komoditas Unggulan Sulsel Senilai Rp 49,9 Miliar, Plt Gubernur: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 12 April 2021 20:29

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ditandai dengan penekanan tombol sirine, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman melepas ekspor perdana rempah-rempah, pupuk bat guano, dan beberapa komoditas unggulan sulsel lainnya di Terminal Peti Kemas Makassar PT Pelindo IV, Senin (12/4/2021).

Ekspor perdana ini sebesar 1.488 ton dengan nilai US$ 3,44 juta atau Rp 49,9 Miliar. Dengan negara tujuan ekspor meliputi Hongkong, Amerika Serikat, Cina, Italia, Kanada, Rusia, Perancis, Jepang, Australia, dan Korea Selatan.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo melaporkan, bahwa pelepasan ekspor perdana ini diikuti oleh 14 pelaku usaha ekspor meliputi CV. Aromata Anugrah Sultan, CV. Muna Agro Indonesia, PT. Sumber Guna Makassarnusa, CV. Adi Tirta, CV. Mega Citra Karya, CV. Guna Bahari Indonesia, PT. Prima Indo Tuna, PT. Prima Bahari Inti Lestari, PT. Biota Laut Ganggang, PT. Comextra Majora, PT. Nuansa Cipta Magello, PT. Biru Laut Nusantara, PT. Bogatama Marinusa, PT. Dunia Marine Product.

“Komoditas yang diekspor perdana terdiri dari kemiri, kayu manis, ketumbar, pupuk bat guano. Sedangkan rumput laut, ikan segar, gurita, carragenan, mete kupas, daging kepiting, udang olahan, udang segar dan cumi merupakan komoditas ekspor yang sudah berjalan selama ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, “hari ini adalah pelepasan perdana luar biasa nilai awal Rp 49,9 Miliar. Terima kasih banyak kepada seluruh eksportir di Sulsel, semuanya adalah rempah-rempah dan ini tentu menyangkut dengan masyarakat banyak di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Komentar