Pemerintah Jamin Stok Pangan Selama Ramadan Aman

Senin, 12 April 2021 05:27

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Pemerintah menegaskan, stok persediaan pangan, khususnya bahan pokok menjelang Ramadan dan Idulfitri 2021 aman, meskipun menghadapi lonjakan permintaan yang biasa terjadi di kondisi kedua hari besar umat muslim tersebut. Stok bahan pokok dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Mei 2021 mendatang.

Hal ini diungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriardi secara virtual saat Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan dan Lebaran”, Senin (12/4).

“Bahan pangan pokok menghadapi Ramadan tahun ini aman,” tegasnya.

Badan Ketahanan Pangan Kemeterian Pertanian dikatakan Agung secara intensif memantau perkembangan harga, pasokan hingga stok pangan di lapangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Langkah ini dianggap penting agar penanganan dan antisipasi bisa segera dilakukan jika terjadi permasalahan pangan. Untuk selanjutnya upaya yang bersifat koordinatif maupun aksi dilakukan untuk mendukung ketersediaan dan kelancaran distribusi pangan.

Upaya ini, kata Agung, adalah salah satu dari serangkaian penanganan stok melalui beberapa kebijakan. Sejumlah bahan pokok dipastikan tersedia dan cukup sejak jauh hari sebelumnya, khususnya bahan pokok selama Ramadan dan Idulfitri.

Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan bahan pokok dapat mudah diperoleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh nusantara.

“Kita lakukan berbagai upaya mengamankan bahan pangan pada beberapa bulan sebelumnya,” ujar Agung –seperti dilansir laman infopublik.id.

Bagikan berita ini:
2
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar