Pilpres 2024, Tito Karnavian Berpasangan dengan Anies Baswedan?

Senin, 12 April 2021 15:51

Tito Karnavian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mulai disebut-sebut berpotensi diusung sebagai salah satu kandidat pada Pemilihan Presiden 2024.

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, peluang mantan Kapolri itu sangat terbuka lebar. Apalagi posisinya saat ini sebagai salah satu pembantu presiden yang punya peran cukup strategis, yakni menteri dalam negeri.

“Saya kira peluang itu ada, karena dia (Tito) menteri. Selain itu juga mantan Kapolri, jadi punya modal popularitas,” ujar Ujang kepada JPNN.com, Senin (12/4). Namun, direktur eksekutif Indonesia Political Review ini menilai Tito perlu kerja keras jika memang ingin tampil di Pilpres 2024.

Karena pertarungan di pilpres nantinya diprediksi cukup sengit, apalagi tidak ada petahana yang akan maju. “Jadi, Tito harus membuktikan kinerjanya sebagai menteri dan harus membuktikan popularitas dan elektabilitasnya tinggi,” ucapnya.

Apakah mungkin Tito berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nantinya?

Ujang meragukan hal tersebut dapat terealisasi. Pasalnya, Tito dan Anies sama-sama bukan berasal dari partai politik. Sementara untuk melaju sebagai pasangan capres, harus diusung dan didaftarkan oleh partai politik.

“Agak sulit dan berat, karena keduanya tak punya partai. Salah satu pasangan mesti punya partai,” pungkas Ujang. (gir/jpnn)

Komentar