Tujuh Makanan Sehat ini Bisa Merusak Ginjal

Senin, 12 April 2021 11:46

ILUSTRASI. Boldsky

FAJARCO.ID – Konsumsi makanan dan minuman yang sehat memang perlu, tetapi apa jumlah dan dosisnya sudah tepat? Pasalnya, bila tidak, hal ini justru dapat menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.

Mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang merusak tubuh, salah satunya organ ginjal.

Lalu apa saja makanan sehat yang bisa merusak ginjal?

  1. Alpukat

Buah alpukat terkenal akan kebaikannya bagi tubuh karena kandungan lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan.

Melindungi Bumi Alpukat juga kerap disantap sebagai makanan untuk sarapan yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, mengonsumsi alpukat secara berlebihan tidak disarankan karena dapat menyebabkan gangguan elektrolit, yaitu kalium.

Mengonsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalium. Kadar kalium yang tinggi dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Kinerja ginjal pun bisa terganggu akibat kelebihan kalium.

  1. Daging Sapi

Makanan lezat satu ini memang sulit ditolak. Daging sapi memang baik untuk kesehatan, khususnya untuk mencegah anemia dan menjadi sumber protein. Namun, perhatikan jumlah daging, khususnya yang telah diproses—yang Anda makan.

Jika berlebihan, hal ini dapat membuat kondisi ginjal menjadi tak sehat. Daging yang telah diproses, seperti sosis dan pepperoni, terkadang punya kandungan garam yang tinggi untuk menambah rasa. Makanan asin yang mengandung garam tinggi biasanya juga memiliki zat purin. Bila kadarnya terlalu banyak dalam tubuh, zat tersebut dapat memicu penyakit asam urat dan batu ginjal.

Bagikan:

Komentar