UTBK di ITS Surabaya Dilakukan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Senin, 12 April 2021 22:01

Pelaksanaan UTBK di ITS Surabaya dilakukan dengan prokes ketat. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) dilaksanakan pada Senin (12/4) di beberapa universitas negeri di Surabaya. Salah satunya adalah Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya.

Rektor ITS Mochamad Ashari menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan UTBK sesuai dengan petunjuk dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pelaksanaan UTBK juga harus mendapatkan rekomendasi dari satuan tugas (satgas) Covid-19 setempat.

”Kita sudah koordinasi dengan Satgas dan Pemkot Surabaya. Kita diberikan lampu hijau untuk pelaksanaan UTBK,” tutur Mochamad Ashari ketika ditemui di tempat pelaksanaan UTBK.

Dia menjelaskan, pelaksana itu diatur dengan beberapa protokol kesehatan ketat. Di antaranya adalah antrean yang harus teratur, tata letak, dan ventilasi sesuai hasil asesmen.

”Jumlah 9.230 peserta yang ikut UTBK di ITS. Tapi kita tidak tahu dia milih yang mana, demikian juga di tempat lain. Di Surabaya kan ada Unesa, ITS, UPN, dan Unair,” terang Mochamad Ashari.

Untuk ITS, pihaknya dibantu IT Telkom dan PPNS dalam pelaksanaannya.

Ketua Subdirektorat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaan Kuliah Bersama ITS Siti Machmudah menambahkan, pihaknya menyiapkan protokol kesehatan (prokes) pada calon mahasiswa sejak lama.

”Prokesnya, sejak awal mereka sudah diberitahu di LTMPT untuk isolasi 14 hari, menjaga kesehatan, dan saat masuk dicek suhu. Mereka sudah harus mengikuti prokes sebelum masuk ke tempat tes,” papar Siti.

Komentar