Vaksinasi di Bulan Ramadan Dianjurkan Malam Hari

Senin, 12 April 2021 15:54

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyuntikan vaksin Covid-19 pada bulan Ramadan dianjurkan di malam hari. Hal ini sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Mejelis Ulama Indonesia (MUI).

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari, mengimbau kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota untuk bisa melakukan hal yang telah dianjurkan MUI.

“Vaksin di bulan ramadan bisa. Karena ada fatwa MUI bisa, tidak haram-ji. Tapi juga dianjurkan kalau mau malam, bisa malam,” kata Senin, (12/4/2021).

Menurutnya, anjuran vaksinasi di malam hari pastinya didasari atas beberapa pertimbangan. Utamanya, dalam hal menjaga kondisi orang yang divaksin tetap fit ketika berpuasa. “Supaya lebih sedikit efeknya,” jelasnya.

Sebelumnya, MUI telah mengeluarkan tiga poin rekomendasi vaksinasi di bulan ramadan. Pertama, vaksinasi di bulan ramadan dibolehkan dengan catatan tetap memperhatikan kondisi yang akan divaksin.

Kedua, anjuran vaksinasi dilakukan pada malam hari. Ketiga, wajib ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang disediakan pemerintah. (selfi/fajar)

Komentar