Bocoran KSP, Presiden Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Pekan Ini

Selasa, 13 April 2021 18:01

Presiden Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin memberikan bocoran rencana perombakan kabinet atau reshuffle yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Ngablin menyebut reshuffle itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Terlebih setelah parlemen menyetujui perubahan nomenklatur.

“Mudah-mudahan pada pekan ini. Supaya cepat orang bisa bekerja dan tidak ada aral melintang,” kata Ngabalin dikutip dari cnbcindonesia.com, Selasa (13/4/2021).

Diketahui pekan lalu, parlemen menyepakati Surat Presiden (Surpres) yang diteken Presiden Jokowi untuk menggabungkan dan membentuk kementerian baru di tubuh kabinet. Dua kementerian yang akan digabung adalah kemenristek dan kemendikbud. Sementara satu kementerian baru yakni Kementerian Investasi.

Soal siapa yang akan dilantik jadi menteri, Ngabalin menyebutkan hal itu menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Presiden JOKO WIDODO, tdk punya ketergantungan dgn siapapun dlm mengambil keputusan penting untuk kepentingan pelayanan pada RAKYAT yang Beliau pimpin,” tulis Ngabalin di akun Twitternya.

Sebelumnya, Relawan Jokowi Mania (Joman) juga menghembuskan rencana perombakan kabinet atau reshuffle. Bahkan Ketua Joman, Immanuel Ebenezer menyebut rencana itu akan dilakukan di bulan Ramadan.

Komisaris Independen PT Mega Eltra (anak perusahaan PT Pupuk Indonesia) itu mengaku sudah mengantongi sedikitnya lima menteri yang layak diganti karena tak menunjukkan kinerja yang baik.

“Ada 5 menteri yang wajjb hengkang, pertama Mensesneg Pratikno. Pejabat yang satu ini selalu bermasalah dalam adminitrasi dan memberikan pagar betis kepada Jokowi sehingga kelompok pro rakyat sulit berkomunikasi dengan presiden,” kata Ketua Joman, Immanuel Ebenezer dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (13/4).

Komentar