Kondisi Terkini Kosmas, Satpam yang Gagalkan Bomber Masuk ke Gereja Katedral Makassar

Selasa, 13 April 2021 20:13

Penjaga Gereja Katedral Makassar, Kosmas. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kondisi lelaki Kosmas kian membaik setelah beberapa hari menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara, usai menjadi pahlawan saat bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, pada 28 Maret 2021 lalu.

Dia adalah Satpam yang menggagalkan dua terduga teroris bernama Lukman dan istrinya, YSF gagal melakukan bom bunuh diri di dalam gereja yang baru saja menggelar ibadah.

Akibat ledakan dari dua terduga teroris itu, Kosmas mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuhnya. Beruntung luka yang ia alami berangsur pulih dan kini sudah berada di ruang pemulihan RS Bhayangkara, Makassar.

“Informasi dari RS Bhayangkara, masih empat orang di sana. Termasuk Kosmas yang mengalami luka bakar dan sekarang masih berada di ruang pemulihan yang sebelumya di ICU,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Endra Zulpan, Selasa (13/4/2021).

Jika kondisi Kosmas terus membaik, dalam waktu dekat satpam Gereja Katedral itu akan dipulangkan ke rumahnya. Kosmas beserta 20 korban bom bunuh diri ini juga tak perlu khawatir soal biaya pengobatan.

“Semua biaya pengobatan korban ditanggung oleh negara,” terang perwira polisi tiga melati ini.

Selain biaya pengobatannya ditanggung negara, anak laki-laki Kosmas juga ditawari menjadi anggota Polri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit, melalui Polda Sulsel saat menjenguk Kosmas di rumah sakit tersebut beberapa waktu yang lalu.

Komentar