Terpukul Pandemi, Restoran di Turki Bersiap Hadapi Pembatasan Selama Ramadan

Selasa, 13 April 2021 12:44

AP Photo

FAJAR.CO.ID — Sejumlah restoran di Turki yang sebelumnya telah ditutup selama berbulan-bulan akibat pandemi Covid-19, kini bersiap menghadapi dampak dari langkah-langkah pembatasan yang akan diterapkan selama bulan suci Ramadan. Restoran dan kafe hanya akan buka untuk layanan takeaway dan pengiriman selama bulan puasa.

Pada Maret 2021, pemerintah Turki mengizinkan restoran menerima pelanggan selama jam kerja tertentu dengan kapasitas 50 persen di bawah program normalisasi terkontrol. Namun, ketika jumlah kasus Covid-19 mulai melonjak di seluruh negeri, Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 29 Maret 2021 mengumumkan serangkaian tindakan pembatasan, termasuk penguncian akhir pekan penuh selama Ramadan, yang akan berlangsung dari 13 April hingga 12 Mei.

“Ini merupakan tahun yang sangat sulit bagi industri ini. Banyak bisnis telah bangkrut sementara yang lainnya banyak di ambang penghentian operasi,” kata Kepala Asosiasi Semua Restoran dan Pemasok Restoran (TURES) Ramazan Bingol seperti dilansir Hurriyet Daily News.

Dia mencatat bahwa restoran tidak menghasilkan cukup uang dari layanan takeaway dan pengiriman dan akan jauh lebih sulit untuk menyediakan layanan seperti itu selama Ramadan. Menurutnya restoran tidak bisa hanya disalahkan atas lonjakan kasus.

“Restoran di dalam hotel, pusat perbelanjaan, jalanan, dan transportasi umum, semuanya penuh dengan orang. Kami ingin pinjaman tanpa bunga untuk bertahan,” katanya.

Bagikan:

Komentar