Angka Covid-19 di Kota Surabaya Dilaporkan Menurun, Vaksinasi Dor to Dor

Rabu, 14 April 2021 20:36

TELADAN UMAT: Vaksinasi Covid-19 berlangsung di Balai Yos Sudarso, Jakarta. Sasarannya adalah para tokoh lintas agama. (...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat terus dilakukan. Dalam sehari ratusan warga disuntik vaksin Covid-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Klampis Bambang Sulistyo menyatakan, gencarnya vaksinasi menjadi salah satu faktor penurunan jumlah pasien Covid-19 di Kota Surabaya. Masyarakat juga makin menyadari pentingnya melaksanakan protokol kesehatan terutama 3M. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

”Per hari rata-rata 80 orang yang divaksin di sini. Tapi pernah juga sampai 250 pasien sehari,” tutur Bambang pada Rabu (13/4).

Bambang menjelaskan, vaksinasi itu dinilai berhasil dibuktikan dengan penurunan jumlah pasien positif Covid-19. ”Sangat menurun. Dulu, kami sering mengirim pasien ke beberapa rumah sakit. Seperti di karantina Asrama Haji atau RS Lapangan Indrapura itu. Sekarang jarang. Seminggu kadang satu, kadang-kadang juga tidak ada,” ujar Bambang.

Selain melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Klampis, pihaknya juga melakukan kegiatan vaksinasi door to door ke rumah warga. Menurut Bambang, hal itu dilakukan karena faktor lansia. Sehingga mereka sulit datang ke puskesmas. ”Ada juga sih yang takut atau khawatir divaksinasi. Tapi jumlahnya sedikit,” terang Bambang.

Sementara itu, Ketua Tim Vaksinasi RS Asrama Haji Surabaya Yuyun menyatakan, pihaknya membagi beberapa tim vaksinator. Secara bergantian, tim melakukan vaksinasi Covid-19.

”Semua sudah ada jadwalnya. Misalnya hari ini kita ada jadwal dari dinkes 4 kelompok sasaran, yang jumlah 200, ya harus menyelesaikan 200 itu. Sesuai jadwal dari dinas,” jelas Yuyun.

Bagikan:

Komentar