Gaji Menunggak Dua Pekan, Honorer Dinas Sosial Makassar Mogok Kerja

Rabu, 14 April 2021 13:43

FOTO: IKBAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah tenaga kontrak atau honorer di Dinas Sosial (Dissos) Makassar mogok kerja. Gaji mereka menunggak dua pekan.

Menunggaknya gaji para tenaga honorer ini dibenarkan Plh Kepala Dissos Makassar, Asvira Anwar. Menurutnya, hal itu diakibatkan SK Plh berakhir 12 April kemarin.

“Gaji mereka belum terima sampai sekarang karena SK perpanjangan Plh saya belum ditandatangani jadi saya belum berani bertindak kalau saya belum pegang SK-nya, kira-kira begitu,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (14/4/2021).

Menurut Asvira, gaji 82 tenaga honorer ini hanya menunggak dua minggu ini. Sebab, Januari dan Februari sudah dibayarkan.

“Sebenarnya mereka belum terima bulan Maret, mereka kerja dulu baru dibayar, jadi mereka telat dibayar sekitar dua minggu. Kalau Januari Februari kita sudah bayarkan,”jelasnya.

Lebih lanjut, kata Asvira, dirinya bisa menandatangani pencairan gaji tenaga kontrak jika SK Plh sudah diperpanjang.

“Kalau SK Plh saya sudah terima, saya langsung tandatangani, karena SK Plh saya kemarin berakhir tanggal 12,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengungkapkan sudah memberikan pemahaman kepada para tenaga honorer ini untuk kembali bekerja. Ia berjanji akan segera menandatangani pencairan gaji setelah SK Plhnya diperpanjang.

“Saya sudah bicara, saya sudah berikan pemahaman bahwa memang SKnya saya berakhir di situ (tanggal 12 April), jadi saya tidak berani mengambil tindakan. Saya sudah kasi pengertian, amanmi,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

Komentar