Jenderal M Jusuf di Antara Soekarno dan Soeharto

Rabu, 14 April 2021 11:45

Jenderal TNI (Purn) M Jusuf

M Jusuf pun bersikeras untuk segera kembali ke Jakarta. Ketika mendarat di Bandara Internasional Kemayoran, M Jusuf langsung menuju ke Markas Komando Cadangan Strategis AD (Kostrad) di Jalan Merdeka Timur.

Atmaji sempat mempertanyakan, mengapa M Jusuf tidak langsung mencari Soekarno, padahal saat itu ia merupakan bagian dari Kabinet Dwikora yang dipimpin Soekarno.

Namun, katanya, Jusuf memberikan jawaban bahwa pertama-tama ia (M Jusuf, red) merupakan anggota TNI. Karena Men/Pangad (Achmad Yani, red) gugur, maka yang menjabat sebagai perwira paling senior adalah Panglima Konstrad Soeharto. Sehingga menurut Soeharto, ia hanya mengikuti SOP militer.

“Jusuf kenal dengan Soeharto, karena mereka pernah sama-sama bertugas di Makassar pada dua kesempatan yang berbeda,” ungkap Atmaji.

Peristiwa itupun didengar M. Jusuf langsung dari Soeharto terkait situasi yang terjadi di Jakarta. Setelah itu, barulah ia melaporkan kedatangan dirinya kepada Soekarno sebelum diadakan sidang kabinet 6 Oktober 1965. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
2
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar