Kesaksian Steven Rumangkang soal Logo Partai Demokrat

Rabu, 14 April 2021 21:32

Ilustrasi Partai Demokrat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polemik logo partai Demokrat terus bergulir. Masing-masing pihak mengklaim merasa yang paling menciptakan dan memiliki. Situasi itu pun direspons langsung oleh pendiri Partai Demokrat nomor 99, Steven Rumangkang.

Steven menjelaskan, bahwa dirinya terlibat langsung dengan sejarah pembuatan lambang dan bendera Partai Demokrat. Bahkan, mantan suami artis Angel Karamoy ini menjelaskan, ide dan gagasannya memang benar dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) waktu itu.

“Dalam proses pengerjaannya, saya memberi masukan ide, dibantu Ifan Pioh (pendiri no.30), dan kemudian disetujui mendiang Pak Vence Rumangkang,” ujar Steven dalam keterangannya, Rabu (14/4).

Steven juga menuturkan, dirinya membuat serta menyempurnakan semua arahan dari SBY dalam bentuk teknis visual, sehingga terbentuk bintang segi tiga merah putih dengan latar belakang warna dasar biru dan biru muda serta tulisan Partai Demokrat di bawahnya sperti yang digunakan saat ini.

“Ada beberapa ide masukan dari saya seperti bintang tiga dengan warna merah putih di dalamnya. Saya sendiri yang waktu itu turun tangan dalam kerja desain grafis, dan sering berdiskusi langsung dengan Bapak Vence Rumangkang, untuk menterjemahkan ide dari Pak SBY. Beliau meminta agar logo partai dibuat seperti ‘bintang tiga’, pucuk atasnya menyimbolkan Nasionalis-Religius, kaki pertama mewakili Humanisme dan kaki kedua mewakili Pluralisme,” katanya.

Komentar