Program Stimulus DP Nol Persen Tak Kunjung Terealisasi, Pengembang Bilang Begini

Rabu, 14 April 2021 19:20

Ilustrasi perumahan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Program stimulus DP 0 persen dikeluhkan pengembang. Hingga saat ini hampir belum ada perbankan yang menggarap.

Wakil Ketua I OKK Apersi Sulsel, Irwan Hasan mengeluhkan kebijakan pemerintah menggulirkan DP nol persen tak kunjung terealisasi secara optimal, bahkan berpotensi hanya sebatas wacana.

Irwan menyampaikan, pihak perbankan masih enggan untuk memberikan DP nol persen khususnya di sektor properti.

“Ini baru sebatas wacana pemerintah, belum diterapkan oleh perbankan. Untuk itu kita dorong perbankan untuk segera merealisasikan wacana tersebut. Kalau terealisasi sudah pasti menggerakkan pertumbuhan ekonomi,” ungkap Irwan di Makassar, Rabu (13/4/2021).

Pengembang kata Irwan sudah siap untuk memasarkan, tetapi pada intinya proses pembayaran digodok oleh perbankan.

“Nah, ini perbankan belum buka krannya, otomatis belum ada,” keluhnya.

Ia berharap agar pemerintah juga tetap mengawal kebijakan tersebut dengan mendorong perbankan. Agar konsumen di sektor properti juga dapat mengambil rumah subsidi.

“Pemerintah seyogyanya men-push perbankan sehingga tidak menjadi sebatas wacana. Sampaikan bagaimana itu DP nol persen bisa direalisasikan pihak perbankan,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Regional V Bank BTN, Teguh Wahyudi sempat juga menyinggung soal belum adanya program DP 0 persen.

“Paling memungkinkan 1 persen. Kalau DP 0 persen belum bisa,” tutur Teguh. (endra/fajar)

Komentar