Tinggal di Negara Suami, Siti KDI Akui Tak Bisa Bahasa Turki

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Pedangdut Siti Rahmawati atau akrab disapa Siti KDI saat ini diketahui tinggal bersama suaminya, Cem Junet Perk, di Turki usai melangsungkan pernikahan pada 2011 silam. Kendati sudah sekitar 10 tahun tinggal di negara sang suami, Siti mengakui tak bisa bahasa Turki.

Siti KDI mengungkapkan, dirinya tidak tertantang untuk belajar bahasa Turki karena orang-orang di sekelilingnya bisa menggunakan bahasa Inggris. Termasuk suami, keluarga dan teman-temannya.

“Nggak pernah (belajar bahasa Turki). Bahasa bukan masalah ya karena kita kan sama-sama bisa bahasa Inggris. Akhirnya anak yang bisa,” tutur Siti KDI kepada JawaPos.com.

Saudari kandung Cici Paramida itu mengatakan, untuk percakapan sehari-hari ia masih mengerti jika ada orang yang bicara menggunakan bahasa Turki. Namun Siti KDI tidak bisa menjawab dengan menggunakan bahasa yang sama.

Menariknya, buah hatinya Elif Kayla Perk bisa berbahasa Turki sekaligus bahasa Indonesia lantaran diajari sejak kecil. Jika Elif bicara dengan ayah atau neneknya di Turki menggunakan bahasa Turki. Namun apabila anak berusia 7 tahun itu bicara dengan Siti KDI, dipastikan selalu menggunakan bahasa Indonesia.

“Anak lancar banget bahasa Indonesianya karena dari kecil Siti menggunakan bahasa Indonesia kalau aku ngomong sama anak. Tapi kalau sama bapaknya, sama neneknya di Turki dia menggunakan bahasa Turki,” ucapnya.

Lebih lanjut Siti KDI mengatakan, jika ayahnya bicara ke Elif, Siti KDI terkadang meminta anaknya untuk menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hal itu untuk melatih kemampuan Elif belajar menggunakan bahasa Indonesia dan Turki sekaligus.

  • Bagikan