Uang Pecahan Khusus Rp75 Ribu Direkomendasi jadi THR Lebaran

Rabu, 14 April 2021 20:42

UPK Rp75 Ribu

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Indonesia (BI) mendorong masyarakat menggunakan uang pecahan khusus (UPK) 75 tahun Republik Indonesia (RI) senilai Rp 75.000 untuk berbagi sebagai tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1442 H.

“Untuk perluasan penukaran UPK 75, kami dorong tidak hanya sebagai koleksi tetapi juga sebagai THR untuk Lebaran ini,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Masyarakat bisa menukarkan UPK 75 tahun di layanan kas BI atau outlet perbankan untuk berbagi saat Lebaran. Penukarannya sudah dibuka sejak 22 Maret.

Pada Ramadan tahun ini masyarakat dapat menukar 100 lembar per hari per satu KTP, dan bisa ditukar lagi hari berikutnya di BI atau perbankan. BI juga drop UPK 75 ke bank-bank.

Untuk mendapatkan UPK 75 sebagai THR Lebaran, syaratnya cukup membawa KTP dan uang yang akan ditukarkan dengan UPK 75 ke bank. BI sudah bekerja sama dengan 107 bank umum yang terdiri atas 4.608 outlet bank.

“Perbedaan UPK tahun ini, kami gunakan teknologi terkini dalam pencetakannya. Di benang pengaman ada teknologi microlens. Jadi, kalau digerakkan sedikit, semua akan ikut bergerak,” beber Marlison.

Selain itu mekanisme dan waktu penukaran UPK 75 periode Idul Fitri juga turut dipermudah. Jika sebelumnya penukaran individu paling cepat dilakukan pada H+1 setelah melakukan pemesanan melalui website PINTAR. (endra/fajar)

Komentar