Alat Damkar DKI Rugikan Kas Daerah Rp6,5 Miliar, Tina Toon Suruh Usut Tuntas

Kamis, 15 April 2021 18:53

Anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto atau Tina Toon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto atau yang lebih dikenal dengan Tina Toon, mendesak pihak terkait mengusut tuntas selisih anggaran pada pembelian alat Damkar DKI.

Hal ini kencang disuarakan usai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta mendapati kelebihan pembayaran pada empat paket pengadaan mobil pemadam kebakaran Jakarta.

“Selisih 6.5M harus diusut tuntas,” cuit Tina Toon di akun Twitter @tinatoon101, dikutip pada Kamis (15/4/2021).

Selain anggaran, politisi PDI Perjuangan itu juga menyoalkan terkait temuan teknis alat damkar yang tidak lolos kualifikasi. Hal ini juga jadi atensi serius mantan penyanyi cilik tersebut.

“Selain soal anggaran, secara teknis alat damkar itu harus qualified (disini ada temuan tidak lolos kualifikasi) karena berurusan dengan nyawa dan korban jiwa dalam urusan penanganan kebakaran,” sorotnya.

Diketahui, hasil audit BPK pada 2019 itu menunjukkan, kelebihan bayar oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI mencapai Rp 6,52 miliar.

Terdapat kelebihan pembayaran atas empat paket pengadaan mobil pemadam dan indikasi kelebihan pembayaran atas satu paket pengadaan mobil pemadam.

Empat paket itu antara lain unit submersible, unit quick respons, unit penanggulangan kebakaran pada sarana transportasi massal, dan unit pengurai material kebakaran. (endra/fajar)

Komentar