Pembangunan Brigade Siaga Bencana Dihentikan Sementara

Kamis, 15 April 2021 08:40

Bangunan Brigade Siaga Bencana (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Pembangunan bangunan Brigade Siaga Bencana yang saat ini berada di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, dihentikan sementara. Hal itu akibat pemangkasan APBD 2021 Pemprov Sulsel.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Haeruddin mengatakan, pihaknya akan tetap berusaha merampungkan jika anggaran sudah tersedia.

“Karena kita ada refocusing anggaran. Kalau kondisi keuangan pemerintah provinsi sudah stabil kembali, itu sudah kita masukkan kembali ke parsial untuk dikerjakan tahap tiga,” kata Haeruddin kepada Fajar.co.id, Kamis, (15/4/2021).

Ia menjelaskan, pembangunan tahap pertama adalah pematangan lahan. Tahap kedua, pembangunan hanggar. Sedangkan tahap ketiga yang akan dikerjakan selanjutnya termasuk bangunan sayap sebelah kanannya.

“Jalanan, traffic light, median, alarm , dll aksesoris yang dibutuhkan termasuk pagar. Itu rencana tahap selanjutnya. Tahap dua fisik rencananya itu,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Haeruddin, bangunan yang direncanakan bakal dinaungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini telah menghabiskan anggaran sebesar Rp2,8 miliar.

“Jadi kontraknya itu Rp2,8 miliar. Itu bangunan hanggar itu yang besar. Kemudian ada bangunan klinik, ada tempat istirahat, ada toiletnya, ada satu space bisa untuk kantor sementara disitu,” ujarnya.

Bangunan siaga bencana ini telah dirancang memiliki dua sisi sayap. Namun, saat ini sayap kiri yang baru rampung. Menurutnya, untuk merampungkan pembangunan, pemprov masih membutuhkan dana sekitar Rp3 miliar.

Bagikan:

Komentar