Doni Monardo Minta Masyarakat Sumatera Barat Tak Paksakan Mudik Idulfitri

Jumat, 16 April 2021 18:57

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo saat rapat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sel...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo meminta warga Sumatera Barat agar tidak memaksakan diri mudik ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 2021.

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya ledakan angka penularan Covid-19 yang berpotensi terjadi dari adanya mobilitas penduduk pada hari libur hari raya nasional.

“Manahan diri dulu untuk samantaro jan pulang kampuang. Jan lai ado acara pulang basamo. Jadi basaba wak dulu,” ujar Doni menggunakan bahasa minang, dalam keterangannya, Jumat (16/4).

Belajar dari pengalaman sebelumnya pada tahun lalu, kata Doni, kasus Covid-19 di Sumatera Barat mengalami kenaikan setelah adanya warga yang memaksakan diri untuk tetap pulang ke kampung halaman. Hal itu kemudian juga memicu banyaknya dokter dan tenaga kesehatan yang gugur akibat terpapar Covid-19.

“Tahun lalu di Sumatera Barat sebelum lebaran, kasusnya relatif rendah sekali. Tetapi setelah lebaran kasusnya meningkat,” ucap Doni.

“Akibatnya rumah sakit penuh, dokter yang merawat juga banyak yang wafat akhirnya menjadi kepanikan,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Doni mengajak agar masyarakat Bumi Minangkabau yang ada di perantauan agar mampu menahan diri tidak mudik dan memberi contoh kepada yang lain untuk mengikuti aturan pemerintah dalam rangka mengendalikan angka Covid-19 di Tanah Air. Menurut Doni, kuncinya adalah bersabar.

Komentar