Penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro Jangan Hanya Dinikmati Pelaku Usaha Besar

Jumat, 16 April 2021 12:01

UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Para pelaku UMKM mendorong pemerintah agar bantuan langsung tunai (BLT) dapat dipantau ketat.

Harapannya, pelaku UMKM yang belum dapat harus prioritas. Penyalurannya pun diharapkan merata dan tidak hanya menyasar usaha besar.

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021 atau Banpres Produktif untuk pelaku usaha mikro sudah dapat diakses.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satriya mengatakan, bahwa BLT UMKM diperuntukan bagi semua pelaku usaha mikro yang usahanya terdampak selama pandemi Covid-19. Penerima tahun lalu, imbuhnya juga akan menerima bantuan kembali pada 2021.

“Diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang lagi diproses,” kata Eddy belum lama ini.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, per tanggal 1 April 2021, bantuan produktif usaha mikro telah tersalurkan kepada sekitar 6,5 juta pelaku usaha mikro dengan total bantuan yang telah disalurkan sebesar Rp 7,9 triliun.

Ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayang meminta agar penyaluran BLT UMKM sebesar Rp1,2 juta dapat memperioritaskan UMKM yang sebelumnya belum mendapatkan. Segala jenis bantuan dari pemerintah harus bisa merata dan adil.

Ia mengaku sudah ada beberapa pelaku usaha mikro yang mendapatkan bantuan, dan dirinya berharap yang belum kebagian tahun sebelumnya, bisa mendapatkan bantuan pada tahun ini.

Bagikan berita ini:
9
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar