Soal THR, Pemprov Sulsel Tegaskan Perusahaan Harus Bayar Penuh

Jumat, 16 April 2021 15:32

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Ketenagakerjaan RI telah mengeluarkan surat edaran bernomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya (THR) keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan.

Dalam aturan tersebut, Kemenaker menyebutkan, pembayaran THR merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Darmawan Bintang pun mengimbau perusahaan dapat membayar penuh karyawannya.

“THR kita sudah dapat surat edaran. Jadi tetap sama dengan tahun lalu. Cuman tahun ini tidak bisa dicicil. Jadi harus dibayar sekaligus,” kata Andi Darmawan Bintang, ketika ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat, (16/4/2021).

Lebih lanjut, kata Darmawan, jika pihak perusahaan tidak mampu membayar THR secara penuh sekaligus, perlu ada pembicaraan terlebih dahulu.

“Hanya saja memang masih dibuka peluang adanya bipartit antara pekerja dan pengusaha. Kalau memang mereka tidak mampu, tentu kan ada pembicaraan,” jelasnya. (selfi/fajar)

Bagikan:

Komentar