Tanggapi Kritik Ade Armando, Deddy Corbuzier: Beliau Benar, Tetapi Para Artis Tidak Salah

Jumat, 16 April 2021 10:05

Deddy Corbuzier. Foto: Instagram/@mastercorbuzier

FAJAR.CO.ID — Kritik Ade Armando tentang sejumlah artis seperti Atta Halilintar, Andre Taulany, Raffi Ahmad, dan sederet artis lainnya yang dinilai terlalu pamer kekayaan tengah ramai dibahas.

“Kalau anda kaya, uang itu diinvestasikan, diputar dalam kegiatan ekonomi produktif lain. Membuka lapangan pekerjaan, memberi gaji besar buat mereka yang bekerja dengan anda. Menyumbang bagi kesejahteraan masyarakat,” kata sosiolog Universitas Indonesia itu.

Video itu sontak bikin heboh hingga menuai reaksi dari Deddy Corbuzier. Deddy sempat menganalisa terkait kritik dari Ade terhadap Atta dan para artis lainnya.

“Jadi bung Ade Armando awal-awalnya memang julid,” seru Deddy.

“Tapi setelah setengah ke belakang, beliau menjelaskan kenapa hal ini penting didengarkan. Kenapa pamer-pamer kekayaan ini tidak baik, itu dijelasin. Ada efek sampingnya. Karena bisa membuat perbedaan yang sangat jauh, bisa membuat orang miskin membenci orang kaya. Bahkan tidak memberi motivasi, menciptakan kerusuhan, orang miskin marah bukan karena dia miskin tapi karena orang-orang kaya gampang mendapatkan uang, memamerkan kekayaannya seperti itu.”

Deddy menganggap kritikan Ade Armando ini tidak salah karena berdasar pada kekhawatirannya sebagai seorang sosiolog. Deddy juga menganggap konten pamer kekayaan itu tak bisa disalahkan 100 persen. Pasalnya, konten-konten itulah yang digemari masyarakat saat ini.

“Jadi yang mana yang benar, yang mana yang salah? Kalau anda nonton video fullnya, itu isinya bagus banget. Saya tidak kenal beliau secara dekat, ketemu juga belum pernah,” seru Deddy. “Menurut saya, Bung Ade Armando tidak salah ngomong seperti itu, beliau benar 100 persen. Artis-artis yang memamerkan kekayaan berlebihan bisa membuat kekacauan di masyarakat yang miskin, bisa membuat mereka khilaf, berbuat kejahatan, rampok, teroris.”

Komentar