Izin Dipercepat, Genjot Potensi Ekspor ke Berbagai Negara

Sabtu, 17 April 2021 15:30

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah terus mendorong laju ekspor. Salah satunya dengan mempercepat keluarnya izin ekspor hanya dalam waktu 8 jam.

Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan Kementerian Perdagangan Luther Palimbong mengatakan, Kemendag mempercepat keluarnya izin ekspor yang diajukan oleh perusahaan eksportir.

Menurut dia, Menteri Perdagangan sudah menandatangani aturan yang bisa mengeluarkan izin ekspor hanya dalam waktu 8 jam.

“Relaksasi kebijakan, kita sudah mulai pikirkan bagaimana kita permudah kebijakan sehingga pelaku usaha tidak terbebani dengan perizinan. Bapak Menteri sudah menandatangani terkait persetujuan ekspor hanya dalam waktu 8 jam,” ungkap Luther belum lama ini.

Luther melanjutkan, pemerintah akan melihat perusahaan ekspor, jika perusahaan itu baik, bayar royalti dan pajak maka akan diberikan kemudahan dalam perizinan hanya dalam 8 jam sehingga tidak ada lagi pengusaha yang mengeluh soal perizinan.

Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sulselbar, Arief R Pabettingi mengapresasi langkah Kemendag untuk mempercepat izin ekspor.

“Pak Kemendag memang sudah sampaikan bahwa izin ekspor itu 8 jam sudah bisa keluar. Biasanya yang bikin lama itu dari pengusaha juga yang tidak memenuhi syarat,” paparnya, Sabtu (17/4/2021).

Pihaknya memproyeksi dengan dukungan Kemendag yang mempercepat keluarnya izin ekspor, maka akan dapat menggenjot potensi ekspor ke berbagai negara tujuan. (endra/fajar)

Bagikan:

Komentar