Lomba Dai Cilik dan Hafiz Quran Dibuka, Mantan Pelaku Tawuran Boleh Ikut

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Lomba menjadi Hafidz Qur'an dan Dai Cilik dibuka. Penyelenggaranya adalah kepolisian dari Polres Pelabuhan, Kota Makassar.

Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak 13 April 2021 di Mapolres Pelabuhan. Pendaftaran lomba dalam rangka menyambut ramadan ini akan dibuka sampai 18 April 2021.

Kapolres Pelabuhan, AKBP Muh Kadarislam, mengatakan, syarat untuk mengikuti lomba ini adalah anak-anak dengan batas usia 15 tahun.

"Yang boleh ikut adalah anak-anak yang berdomisili di wilayah kami. Mantan pelaku tawuran yang sudah tobat pun boleh ikut, selama dia tinggal di wilayah pelabuhan," katanya, Sabtu (17/4/2021).

"Intinya tujuannya menyemarakkan ramadan karena tahun lalu kita sepi, kemudian mencari bibit-bibit pendakwah dan penghafal quran sejak dini. Total hadiah kalau diakumulasi itu sekitar Rp30 Juta," sambung mantan Kapolres Bone ini.

Namun saat lombanya digelar, lanjut dia, penyelenggaraan waktunya akan dilakukan setelah salat zuhur, sekitar pukul 12.30 WITA sampai selesai di musalah Mapolres Pelabuhan. Namun itu dilakukan secara bergelombang agar tak terjadi kerumunan selama pandemi ini.

"Kita atur hari pertama siapa. Acaranya mulai zuhur sampai selesai. Per orang diberikan waktu lima menit," jelas perwira polisi dua melati ini.

Penilaian yang dilakukan oleh tim juri sendiri adalah dari sisi pembacaan tajwid, kelancaran membaca Alquran, penampilan dan muatan atau isi ceramah yang akan dibawakan.

Khusus untuk lomba Dai Cilik. Tema yang akan dibawakan adalah terkait masalah Kamtibmas yang harus tentram dan dikaitkan dengan agama Islam, agar wilayah Polres Pelabuhan bebas dari aksi tawuran.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan