Buka Puasa di Australia, Mahasiswa Indonesia Jadi Tuan Rumah

Minggu, 18 April 2021 20:04

FAJAR.CO.ID — Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bulan suci Ramadan kali ini, diaspora Indonesia ikut melaksanakan buka puasa dan salat tarwih bersama umat Islam lainnya di Masjid Omar Wollongong dan Mushalla MAWU yang terletak di kampus University of Wollongong.

Khusus untuk buka puasa hari ini, Minggu, 18 April 2021, digelar di Masjid Omar Wollongong, warga Indonesia yang tergabung dalam organisasi Jamaah Pengajian Illawara (JPI), dipercaya menjadi tuan rumah atau panitia pelaksana penyedia dan pembagi buka puasa. Ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya jemaah yang ikut buka puasa adalah para pelajar internasional, baik dari Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara dan umat Islam yang berdomisili sekitar masjid.

Ketua JPI, Saeful Akhmad Tauladani, mengatakan bahwa sebagai panitia pelaksana, maka warga Indonesia yang tergabung dalam JPI ini, memasak hidangan buka puasa dengan menu khas Indonesia. Para ibu-ibu telah menyiapkan penganan ringan dan minuman. Sedangkan bapak-bapak bekerja sama memasak nasi goreng khas Indonesia di dapur yang terletak di belakang Masjid Omar.

Semua dana yang diperlukan untuk penyediaan buka puasa ini merupakan urunan dari diaspora Indonesia. Disamping itu terdapat pula beberapa warga Indonesia yang berpartisipasi menyediakan makanan khas Indonesia seperti bakwan dan kue sus, serta minuman kotak produksi Indonesia yang didatangkan khusus dari toko Indonesia di Sydney.

Komentar