Optimisme Pelaku Ekonomi Kreatif untuk Bangkit dari Pandemi

Senin, 19 April 2021 14:10

Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sektor ekonomi kreatif memiliki efek pengganda yang tinggi bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, kebijakan vaksinasi massal bagi para insan di sektor tersebut, juga diikuti oleh beragam kebijakan lainnya, disambut dengan antusiasme tinggi serta diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif yang sempat terdampak di tengah situasi pandemi saat ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang turut hadir dalam acara vaksinasi massal bagi para budayawan dan seniman se-Jabodetabek pada Senin, 19 April 2021, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, menerangkan bahwa sektor tersebut merupakan salah satu penyumbang besar bagi produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Capaian sektor ekonomi kreatif Indonesia saat ini juga menjadi penyumbang PDB terhadap perekonomian yang terbesar ketiga di dunia.

“Kita harapkan sumbangsih Rp1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini paling tidak kita pertahankan dan justru ada kesempatan dan peluang untuk bangkit dan pulih kembali. Jadi kita ini penyumbang nomor tiga PDB terbesar di dunia setelah Amerika dan Korea,” ujarnya.

Vaksinasi massal yang dilakukan kepada para budayawan dan seniman yang menjadi salah satu penggerak sektor tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi untuk bersama-sama berjuang dan bangkit di tengah pandemi ini.

“Kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi dan dengan penekanan pada vaksinasi, 3M, dan 3T, kita bisa menekan angka penularan Covid-19. Jika pandemi ini terkendali, kita bisa pulih kembali, maka sektor ekonomi kreatif juga akan segera bangkit,” tuturnya.

Bagikan:

Komentar