Rizal Djalil Bantah Terima Suap Rp1 Miliar, Mengaku Sangat Terpukul Tuntutan Jaksa

Senin, 19 April 2021 17:52

Mantan anggota BPK Rizal Djalil (Dok. Ridwan/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Anggota Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Rizal Djalil membantah menerima suap senilai Rp 1 miliar dari Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta Prasetyo. Dia mengklaim, tidak mengatahui penerimaan uang itu.

“Pemberian uang itu tidak berkaitan sama sekali dengan diri saya. Bahkan saya tidak tahu menahu masalah tersebut,” kata Rizal Djalil saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi melalui daring dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/4).

Rizal mengaku sangat terpukul dengan dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Dia menyampaikan, perkara yang menjeratnya itu membuat kredibilitasnya sebagai pimpinan BPK hancur.

“Saya saat ini berusia 60 tahun dan saya memiliki penyakit hepatitis B dan hipertensi kronik, penyakit yang sangat rentan di usia saya. Saya sangat menyayangkan, karena kredibilitas saya selaku pimpinan BPK RI menjadi hancur lebur,” ucap Rizal.

Menurut Rizal, Jaksa KPK tidak bisa membuktikan pemberian suap terhadap dirinya. Dia menuturkan, selama proses persidangan tidak ada saksi yang bisa membuktikan adanya penerimaan suap.

Bagikan berita ini:
8
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar