Shindy Paul Soerjomoelyono Nama Asli Youtuber Jozeph Paul Zhang

Senin, 19 April 2021 15:54

Jozeph Paul Zhang Mengaku Nabi ke-26

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bareskrim Polri membeberkan nama asli Youtuber Jozeph Paul Zhang yang menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW. Nama aslinya Shindy Paul Soerjomoelyono.

“Sesuai data perlintasan, namanya Shindy Paul Soerjomoelyono,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Senin (19/4/2021).

“Paul Zhang itu nama akun YouTube-nya,” tambahnya.

Shindy Paul Soerjomoelyono alias Jozeph Paul Zhang tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hongkong pada 11 Januari 2018.

Sejak itu, Jozeph Paul Zhang ini belum pernah kembali ke Indonesia.

Berita sebelumnya, video Jozeph Paul Zhang yang melecehkan agama Islam viral di media sosial.

Pelecehan itu disampaikan Jozeph dalam forum diskusi via zoom bertajuk ‘Puasa Lalim Islam’ yang juga ditayangkan di akun YouTube pribadinya.

Sebagai YouTuber, Jozeph menyadari bahwa ucapannya berpotensi dilaporkan ke polisi.

Meski begitu, Jozeph menyatakan tidak gentar. Dia menyebut laporan ke polisi merupakan resiko pekerjaan sebagai seorang youtuber.

“Gua udah bilang sama juga, ada beberapa teman kan cerita yang youtubers youtubers yang diancam-ancam, gua bilang ini kan resiko kerjaan,” ucap Jozeph, dikutip Pojoksatu.id dari akun YuouTube miliknya, Jozeph Paul Zhang, Sabtu (17/4/2021).

Menurut Jozeph, bagi seorang youtuber, potensi salah ucap itu cukup besar, sehingga konsekuensinya masuk penjara atau mati.

Bagikan:

Komentar