Hadiri Musrenbang Regional Sulawesi di Kendari, Plt Gubernur Sulsel Paparkan Program Prioritas

Selasa, 20 April 2021 00:02

FAJAR.CO.ID, KENDARI– Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi, yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (19/4/2021).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Regional Sulawesi tahun 2021 mengusung tema “Menuju pemulihan ekonomi Sulawesi 2022” diikuti enam provinsi di sulawesi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara. Musrembang Regional Sulawesi ini dihadiri oleh Plt Gubernur Sulsel, Gubernur Sultra, Gubernur Sulteng, Gubernur Sulbar, Perwakilan Gubernur Sulut, dan pejabat yang mewakili Gubernur Gorontalo.

Dalam kegiatan itu, Plt Gubernur Sulsel memaparkan Program Prioritas Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk Tahun Anggaran 2022. Dengan visi yakni Sulawesi Selatan Yang Inovatif,Produktif, Kompetitif, Inklusif danBerkarakter.

Andi Sudirman menyampaikan kondisi capaian indikator makro Sulawesi Selatan tahun 2020 mulai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,93 persen, Pertumbuhan Ekonomi Sulsel yang berada pada angka -0,70 persen diatas rata-rata nasional -2,7 persen.

“Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) Perkapita sebesar 56,51 juta, Inflasi Daerah 2,40 persen, Gini Ratio (Ketimpangan) 0,382 per September 2020, Tingkat Pengangguran kami per Agustus 2020 sebesar 6,31 persen, dan Tingkat Kemiskinan kami per September 2020 sebesar 8,99 persen,” ucapnya.

Untuk program prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022, kata Plt Gubernur, yakni pemberdayaan ekonomi rakyat melalui hilirisasi komoditas; pembangunan Rumah Sakit Regional di 6 Kabupaten dan siaga ambulance; kualitas internasional pada tiap destinasi wisata; infrastruktur pengembangan untuk mencapai daerah terpencil; dan program anti korupsi birokrasi dan masyarakat sipil dalam pengembangan SDM.

Bagikan:

Komentar