Imam Masjid Idkah Sebut Jumlah Jemaah Menurun Drastis

Selasa, 20 April 2021 22:04

Etnis minoritas Muslim Uighur mengikuti salat ashar berjamaah di Masjid Idkah, Kota Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang, Ti...

Sejak dibangun pada 553 tahun silam, Masjid Idkah mengalami beberapa pemugaran dan terakhir kali dilakukan pada tahun 2011. Selain menjadi ikon utama pariwisata Kota Kashgar, Masjid Idkah memiliki catatan kelam terkait peristiwa pembunuhan Jumah Tayer yang merupakan ayahanda dari Mehmet Jumah setelah menjadi imam salat Subuh pada tahun 2012.

“Tidak benar, masjid-masjid di Xinjiang, termasuk Masjid Idkah ini dibongkar. Yang ada adalah dibongkar untuk diperbaiki kembali karena berusia tua,” kata Jumah yang berlatar etnis minoritas Muslim Uighur itu.

Dia juga menegaskan bahwa tidak ada penutupan masjid untuk kegiatan ibadah kecuali saat Revolusi Budaya pada 1970-an dan awal-awal pandemi Covid-19.

“Siapa pun boleh salat di sini, kecuali pegawai negeri sipil dan pengurus partai yang memang menurut peraturan tidak diizinkan,” kata Jumah yang juga pimpinan Asoasi Islam Kashgar itu. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
7
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar