Penyerangan Petugas Bea Cukai Riau, Masinton Pasaribu Bilang Ini

Selasa, 20 April 2021 22:39
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu menyoroti penyerangan terhadap kendaraan dinas Kanwil Bea Cukai Riau oleh belasan orang tidak dikenal pada Senin (19/4).

Petugas Bea Cukai diserang ketika melakukan pengejaran terhadap kendaraan yang diduga membawa barang ilegal.

Masinton penyerangan terhadap petugas Bea Cukai yang sedang melaksanakan tugas di perairan dan daratan dalam lingkup kepabeanan harus disikapi secara serius oleh Negara.

“Negara jangan kalah melawan mafia penyelundupan,” ucap Masinton Pasaribu kepada JPNN.com, Selasa (20/4).

Menurut politikus PDIP itu, penyerangan yang dialami petugas Bea Cukai di wilayah Riau dan Kepulauan Riau bukan pertama kali terjadi.

Mantan Anggota Komisi III DPR RI itu pun meminta aparat penegak hukum melakukan tindakan secara serius terhadap kelompok mafia penyelundupan yang selama ini beraksi secara terorganisir dan sistematis.

“Kelompok mafia penyelundupan ini bukan kriminalitas biasa, mereka adalah pelaku kriminal yang merugikan penerimaan negara,” ucap Masinton menegaskan.

Dia mengingatkan bahwa Bea Cukai merupakan salah satu instansi yang memiliki peran untuk mengawasi dan mengontrol keluar masuknya barang dari dalam maupun luar negeri di wilayah NKRI.

Berdasarkan catatan, kata Masinton, negara mengalami potensi kerugian Rp 500 miliar per tahun akibat peredaran rokok ilegal yang berasal dari total nilai cukai dan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) yang semestinya dibayarkan.

Bagikan berita ini:
1
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar