Doni Monardo: Kerinduan terhadap Keluarga Bisa Menimbulkan Hal yang Tragis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo mengimbau masyarakat agar mematuhi larangan mudik lebaran guna mencegah penyebaran virus corona baru.

Hal itu dikatakan Doni saat Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi beserta jajarannya di Aula Tengku Rizal Nurdin komplek Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4).

"Mohon bersabar jangan pulang kampung dahulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis," kata Doni.

Dia menegaskan bahwa keputusan pemerintah melarang masyarakat mudik lebaran untuk keselamatan bersama.

"Peniadaan mudik ini adalah untuk kepentingan bersama. Untuk keselamatan bersama, agar bangsa kita bisa terhindar dari Covid-19," ujar Doni.

Menurut dia, aktivitas mudik lebaran sangat berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar menahan diri, bersabar sejenak untuk tidak mudik lebaran Idulfitri.

"Kerinduan kepada orang tua agar ditahan. Kerinduan untuk bertemu sanak famili harus dicegah dulu. Karena kalau tidak peristiwa seperti tahun yang lalu terulang kembali," ujar Doni.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada 26 Maret 2021 lalu resmi melarang mudik lebaran terhitung dari 6 hingga 17 Mei 2021.

Kebijakan larangan mudik itu sebagai upaya mencegah kenaikan kasus positif Covid-19.

Pertimbangannya dari pengalaman berbagai libur panjang selama 2020 hingga 2021, tingginya mobilitas warga antardaerah berdampak terhadap lonjakan kasus positif Covid-19. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan