Jokowi Ungkap Rencana Pembangunan Industri Kaca Terbesar se-Asia Tenggara di KIT Batang pada Mei 2021

Rabu, 21 April 2021 18:48

Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, indutri kaca di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah mulai dibangun Mei 2021. Ia menyebut, investasi tersebut diyakini akan menjadi industri kaca terbesar se-Asia Tenggara.

“Bulan Mei akan ada groundbreaking peletakan batu pertama untuk industri kaca,” ujarnya secara virtual, Rabu (21/4).

Pernyataan tersebut dikatakan saat kunjungannya mengecek kesiapan lahan seluas 4.300 hektare (ha) sebelum dimasuki investasi. Jokowi menyebut, dari total luas lahan tersebut, seluas 450 ha akan disiapkan untuk menyambut masuknya investasi terutama di bidang teknologi.

Sehingga, sebulan setelah peletakan batu pertama industri kaca, pada Juli 2021 akan ada investasi industri bahan baku baterai (prekursor dan katoda) yang masuk ke KIT Batang. “Ini tadi sudah saya perintahkan pada jajaran manajemen agar segera ini bisa dipakai,” ungkapnya.

Ia berharap, pembangunan kedua indutri tersebut dapat segera terealisasi demi menciptakan lapangan tenaga kerja yang nantinya akan berdampak pada peetumbuhan ekonomi nasional.

“Kita harapkan ini akan menyerap tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya, memberikan peluang pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, investasi yang masuk ke KIT Batang juga dapat menggerakkan roda ekonomi. “Karena ini memang sebuah kawasan yang sangat besar sekali yang memiliki daya saing yang sangat baik,” pungkasnya. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
1
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar