Vaksinasi Dosis Kedua, Penelitian Menunjukkan Sinovac Makin Manjur 15 Hari Usai Vaksin

Rabu, 21 April 2021 11:11

Vaksin Sinovac

Sebanyak 380 petugas kesehatan masih didiagnosis Covid-19 sejak dosis pertama vaksin. Namun setelah 2 sampai 3 minggu setelah dosis kedua efektivitasnya naik menjadi 50,7 dan 51,8 persen masing-masing. Efektivitas meningkat selama 2 minggu berikutnya.

Namun, tetap ada kekhawatiran tentang vaksinasi yang mengarah pada peningkatan infeksi berdasarkan varian karena vaksin mungkin tidak efisien terhadap varian virus yang lebih baru. Namun, penulis percaya bahwa tingginya prevalensi mutasi P1 dan varian lainnya mencerminkan situasi epidemiologi di wilayah tersebut.

Pada November 2020, varian P1 disebut-sebut akan muncul di wilayah Amazon di Brasil. Ini menyebar dengan cepat dan menjadi jenis yang dominan dalam 7 minggu, di beberapa wilayah di Brasil. Kota Sao Paulo baru-baru ini melaporkan 64 persen varian P1 dan 7 persen dari B.1.1.7 dalam sampel yang dikumpulkan antara 16 Februari dan 6 Maret 2021.

Kesimpulannya, sejak pemberian dosis pertama CoronaVac kepada petugas kesehatan di rumah sakit, kasus Covid-19 telah berkurang di antara petugas kesehatan. Dan makin efektif setelah dosis kedua. (jpg)

Bagikan berita ini:
8
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar