Derek Chauvin Dinyatakan Bersalah atas Pembunuhan Pria Kulit Hitam George Floyd

Kamis, 22 April 2021 18:39

VONIS BERAT: Mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin mendengarkan putusan untuknya dalam persidangan kasus pembunuhan Ge...

Kepala Badan HAM PBB (UNCHR) Michelle Bachelet menegaskan bahwa keputusan para juri itu adalah momen yang sangat penting. ”Seperti yang diakui juri, bukti dalam kasus ini sangat jelas. Jika hasilnya lain, itu adalah parodi dalam keadilan,” ujar Bachelet kemarin (21/4) seperti dikutip Agence France-Presse.

Dia memperingatkan bahwa perjuangan masih berlanjut untuk warga keturunan Afrika lainnya yang menjadi korban di AS dan negara lainnya. Jumlah mereka luar biasa banyak. Perjuangan untuk kasus-kasus pembunuhan karena sikap berlebihan polisi masih jauh dari kata selesai. Dia berharap tak ada lagi polisi yang kebal di mata hukum setelah melakukan tindak pengamanan yang berlebihan.

Hal senada diungkapkan Presiden AS Joe Biden. Dia menegaskan bahwa putusan bersalah Chauvin hanyalah permulaan. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan perubahan yang nyata. Sebab, putusan itu juga tidak akan mengembalikan nyawa Chauvin.

”Cukup. Cukup sudah pembunuhan yang tidak masuk akal. Putusan hari ini adalah satu langkah maju,” tegas Biden seperti dikutip The Guardian. Dia juga menyempatkan diri untuk menelepon keluarga Floyd pasca putusan.

Wapres Kamala Harris di lain pihak meminta publik untuk mendukung RUU Keadilan George Floyd dalam UU Kepolisian. RUU itu diusulkan oleh Harris, senator Cory Booker, dan legislator Karen Bass. Isinya tentang reformasi di tubuh kepolisian.

Bagikan berita ini:
9
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar