Dihabisi Oknum TNI, Kasus Pembunuhan Rizki Rahmadini Disorot Komnas HAM

Kamis, 22 April 2021 15:28

Rizki Rahmadini

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN — Kasus pembunuhan Rizki Rahmadini (30) mendapat sorotan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Rizki Ramadini dihabisi oleh kekasihnya yang juga oknum TNI di Balikpapan, Praka MAM (32).

Paraka MAM merangkul, kemudian mencekik Rizki Ramadini hingga tewas. Setelah itu, mayat korban dibuang ke semak-semak.

Mayat Rizki Rahmadini baru ditemukan 43 hari kemudian dalam kondisi mengenaskan, hanya tersisa tulang-belulang.

Komnas HAM meminta agar penegakan hukum kepada pelaku dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam menegaskan bahwa siapapun itu harus tetap menjalani proses hukum, termasuk oknum TNI sekalipun.

“Siapapun yang melakukan kegiatan penegakan hukum harus ditegakkan,” katanya.

Seperti diketahui tindakan pembunuhan yang dilakukan oknum prajurit berpangkat Praka ini bermotif asmara alias permasalahan pribadi.

Meski begitu, tetap harus menjadi atensi agar proses penegakan hukum berjalan secara profesional.

“Kasus yang terjadi harus dilihat dalam spektrum ada tidaknya kaitannya dengan tugas, apa kaitannya dengan urusan pribadi. Tidak bisa dibandingkan satu kasus dengan kasus lain. Spektrum kasusnya bisa berbeda. Oleh karenanya kasus ini kami harapkan penegakan hukumnya profesional,” terangnya.

Chairul mengatakan pihaknya akan terus memantau kasus ini. Hanya saja, ia mempercayakan proses penegakan hukumnya kepada institusi yang menangani.

“Kita lihat, kita percayalah dulu pada institusi yang menangani. Kami berharap penegakan hukum berjalan maksimal,” pungkasnya.

Komentar