Basarnas Makassar Kerahkan KN Kamajaya untuk Pencarian KRI Nanggala 402

Jumat, 23 April 2021 11:50

Pelepasan personil Siaga Khusus Basarnas Makassar. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Basarnas Makassar turut andil dalam pencarian kapal selam KRI Nanggala – 402, yang hilang kontak di sekitaran perairan Bali.

Pihaknya pun mengerahkan KN SAR Kamajaya untuk mencari keberadaan kapal selam tersebut. Tak hanya itu, sejumlah kru pun dikerahkan dalam kapal tersebut.

“Kami melaksanakan perbantuan di perairan Bayuawangi dalam rangka pelaksanaan operasi SAR terhadap satu kapal selam Nanggala yang hilang diperkirakan di perairan Banyuwangi,” kata Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi, Jumat (23/4/2021).

KN Kamajaya dalam melakukan pendeteksian material Nanggala-402 yang diperkirakan berada di dalam laut, dengan jarak ratusan meter dari permukaan. Kamajaya berangkat menuju dari Pelabuhan Paotere, Kota Makassar pada hari Kamis, (22/4/2021) pukul 20.00 WITA.

Sebanyak 29 kru kapal yang juga dikerahkan dalam misi penyelamatan tersebut. Terdiri dari teknisi dan penyelamat atau rescuer.

“Jumlah kru 22 orang. Ada juga 2 teknisi, rescuer 5 orang. Sehingga di dalam KN Kamajaya 29 orang. Semoga malam ini dan besok pagi bisa tiba dengan selamat di lokasi,” jelas Djunaidi dalam keterangan resminya kepada wartawan tadi malam.

Diketahui, KRI Nanggala-402 ini awalnya hendak mengikuti latihan penembakan di laut Bali, pada Kamis (22/4/2021). Insiden hilang kontak ini diduga terjadi saat KRI Nanggala sedang melakukan gladi resik.

Sebagai informasi, KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam dari lima kapal selam yang dimiliki Indonesia. Kapal ini diproduksi oleh perusahaan Jerman pada 1979. Dan dibeli oleh Indonesia pada 1981. (Ishak/fajar)

Komentar