Mahfud MD Sebut Penangkapan Terduga Teroris Berasal dari Sulsel

Jumat, 23 April 2021 21:08

Menko Polhukam Mahfud MD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut, penangkapan terduga teroris terbanyak berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Penangkapan teroris di daerah lain juga dilakukan aparat keamanan seperti di Jogjakarta, Semarang, hingga Jakarta.

”Informasi yang kita terima sampai hari ini (23/4) ada 83 orang sudah ditangkap dan 33 orang jumlah terbesar di Sulsel daerah Makassar. Sehingga menjadi catatan di sini paling banyak,” sebut Mahfud seperti dilansir dari Antara usai bertemu Keuskupan Agung Gereja Katedral, Makassar, Jumat (23/4).

Namun demikian, lanjut mantan Menteri Pertahanan itu, problemnya ketika ada tindakan penangkapan tindakan hukum, pemerintah harus ikut aturan hukum. Sehingga harus hati-hati tidak sembarang tangkap orang.

”Sementara teroris itu tidak ada aturan, dia mau membunuh, mau ngebom, bom saja. Sehingga jangan dipikirkan pemerintah itu lambat,” ujar Mahfud.

Tapi dalam penanganan terorisme, kata mantan anggota DPR itu tidak lambat, sebab sudah ada 83 orang terduga yang tertangkap. Artinya, ini cepat. Tapi harus hati-hati, harus ada bukti kalau mau tangkap orang, berbeda dengan teroris tidak ada aturan.

”Buktinya, bahwa teroris itu tidak mewakili agama tertentu. Kalau terorisnya kukuh memperjuangkan Islam ini yang korban juga orang Islam ada lima muslim. Jadi, itu tidak mewakili agama tertentu, itu kejahatan yang luar biasa saja,” papar Mahfud.

Bagikan:

Komentar